Selasa, 02 Desember 2008

Dana Minim, Partai Politik Sosialisasi Langsung

Sejumlah parpol dan politisi yang bergelimang fulus, sempat membombardir masyarakat lewat iklan-iklan politiknya. Sedangkan parpol lainnya lebih memilih sosialisasi langsung.
Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan) termasuk parpol yang lebih memilih langsung mendekati masyarakat, face to face. "Masing-masing parpol memiliki trik masing-masing, tentu itu harus disesuaikan kondisi masing-masing parpol," kata Sekjen Pakar Pangan Jackson Kumaat, Selasa (18/11).
Jackson menyadari iklan politik baik lewat media elektronik maupun cetak memang efektif. Namun itu bukan satu-satunya cara. Parpol yang memiliki jaringan langsung di akar rumput juga tak kalah efektif.
"Justru dengan bertatap muka langsung dengan masyarakat, kita akan benar-benar mengakar," cetusnya.
Beda dengan parpol yang jorjoran mengiklankan diri, akan terpuruk begitu sumber dananya macet. Krisis finansial, tuturnya, terbukti membuat banyak parpol kehabisan dana. "Kalau sudah biasa hanya mengiklankan diri, mereka akan kesulitan turun ke lapangan karena memang butuh kerja keras dan jaringan yang kuat," tuturnya.
Jackson mengaku bersyukur sejak awal partainya menempuh cara-cara terjun langsung ke akar rumput sehingga metode kampanyenya tak banyak mengalami perubahan.

Tidak ada komentar: